Kasus Andi Mallarangeng Tamparan Kedua Bagi SBY

Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Achmad Mubarok, menyatakan, ditetapkannya Andi Mallarangeng sebagai tersangka kasus proyek Hambalang, merupakan tamparan bagi Ketua Dewan Pembina Demokrat, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

“Sudah barang tentu, karena Andi kan bisa disebut sebagai orang kepercayaan SBY,” kata Mubarok di Gedung Purna Wira, Jakarta, Ahad 9 Desember 2012.

Namun menurutnya, kasus Andi bukanlah tamparan pertama bagi SBY. “Dulu besannya (Aulia Pohan) juga pernah terkena kasus,” ujar Mubarok.

Besan SBY, mantan Deputi Bank Indonesia, Aulia Pohan, pada 2008 ditetapkan menjadi tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. Ia menjadi tersangka bersama tiga pejabat BI lainnya karena terkait kasus aliran dana BI.

Mubarok memuji langkah Andi yang mundur dari jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga, serta pengurus di Demokrat, segera setelah ditetapkan sebagai tersangka. “Ini bukti tidak adanya intervensi hukum bagi siapapun,” kata dia.

Menurut dia, mundurnya Andi berpengaruh positif sekaligus negatif kepada partai. “Positifnya adalah, Demokrat langsung menyerahkan kasus kepada penegak hukum. Tidak berusaha melindungi kadernya,” ujar Mubarok.

Sedangkan negatifnya adalah citra Demokrat yang semakin merosot. “Kader partai yang korupsi, terus menerus diberitakan di media massa. Frekuensi berita sangat mempengaruhi pandangan,” Mubarok mengatakan.

Andi Mallarangeng mundur dari jabatannya sebagai Menpora dan Sekretaris Dewan Pembina Demokrat, Jumat lalu, 7 Desember 2012. Sebelumnya ia ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dan dicegah bepergian ke luar negeri hingga enam bulan mendatang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s