KPK Berniat Hancurkan Demokrat? Ruhut Menjawab

Ketua DPP Partai Demokrat Bidang Komunikasi dan Informasi, Ruhut Sitompul, tidak setuju dengan anggapan adanya upaya Komisi Pemberantasan Korupsi untuk menghancurkan partainya. “Tidak ada niatan untuk itu,” ujarnya, saat diskusi bertajuk “Perahu Demokrat Karam pada 2014?”, di Rawamangun, Jakarta, Senin, 10 Desember 2012.

Menurutnya, KPK memiliki bukti kuat dalam menjerat kader Demokrat yang terlibat korupsi. “Contohnya terakhir, KPK punya dasar dalam menetapkan Andi Mallarangeng sebagai tersangka,” kata Ruhut. Andi ditetapkan oleh KPK sebagai tersangka skandal proyek Hambalang, 3 Desember 2012.

Ia mengatakan, dirinya sempat berjumpa dengan Ketua KPK, Abraham Samad, dalam peringatan Hari Antikorupsi. “Memang benar, Bang, ada dua alat bukti,” ujar Ruhut, menirukan ucapan Samad.

Anggota Komisi Hukum itu pun memuji kinerja KPK. “Kalau memang Andi salah, ya apa mau dikata,” ujar dia.

Mengenai peluang Ketua Umum Demokrat, Anas Urbaningrum, yang disebut-sebut sebagai tersangka berikutnya dalam kasus Hambalang, Ruhut menyerahkannya kepada proses hukum. “Kalau memang benar, berarti dia menjadi ketua non-aktif,” ujarnya.

Ruhut tidak membantah bahwa para kader Demokrat yang bermasalah mengakibatkan citra partainya turun. Namun, ia mengatakan, tingginya frekuensi media dalam menyoroti partainya juga menjadi faktor utama. Menurut Ruhut, hal itu biasa dalam budaya politik. “Partai berkuasa sudah biasa dibantai,” ujarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s