Prihatin ktka dipenghujung tahun

Prihatin ktka dipenghujung tahun kemarahan dan umpatan mendominasi dunia, khususnya dr kaum perempuan sbgai reaksi atas pemerkosaan trhdap seorg mhswi didlm bus di India. Sejak zaman Alkitab “rape/pemerkosaan” dlm sgla bentuk adalah penunjukkan kuasa/power, patriarkal. Pemerkosaan adalah penindasan dan itu adalah dosa.

Cuma kemarahan, umpatan, cacian lalu membenci lelaki, bukanlah jalan keluar yg bijaksana. Ketika hukum belum ditegakkan dan tdk membuat jera, maka keluarga, komunitas/adat dan sekolah, adalah pengodokan manusia yg ber-adab dan berkeadilan. Menuju masyarakat yang ber-adab dan berkeadilan harus dilakukan secara bersama, berpegangan tangan antara perempuan dan laki-laki. Tidak bisa hanya perempuan saja, atau laki-laki saja. Kita baru sj merayakan Natal yang memberikan keteladanan rekonsiliasi yg didasarkan atas semangat solidaritas.

Bukankah lebih mudah menghakimi, menghujat, menghukum mati, menceraikan dan membenci?? tapi ini bukan jalan keluar yg bijaksana krn akan memperparah sakitnya dunia. Biarlah kita semua belajar memupuk semangat kebersamaan yang berkeadilan yg beralaskan kasih, sehingga tidak ada lagi perbedaan dlm segala bentuk. Dimulai dr keluarga kita, dimulai atas kerja sama ibu dan bapak, tidak dgn marah, caci atau umpat, melainkan dgn kata persuasif, positif yg membangun. Dan para pendidik dimanapun anda berada marilah kita bekerjasa sama mendidik anak didik kita menjadi manusia yang ber-adab dan berkeadilan.

Selamat menyambut tahun baru 2013, banyak sekali yang harus kita benahi agar tercipta manusia, keluarga dan masyarakat yang ber-adab dan berkeadilan. Optimislah itu akan terwujud, jk tiap pribadi meng-amininya. Sambutlah 2013 dengan semangat kebersamaan yang bersolidaritas. Inilah buah rekonsiliasi yg terwujud di palungan. Remember, today must be better than yesterday, n tomorrow must be better than today. Happy New Year to u all.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s