MENINGKAT, REMAJA ALAMI DEPRESI AKIBAT BULLYING LEWAT MEDIA SOSIAL

MENINGKAT, REMAJA ALAMI DEPRESI AKIBAT BULLYING LEWAT MEDIA SOSIAL
Sebuah survey YouGov poll for the Prince’s Trust menunjukan adanya peningkatan kasus bullying (cemooh/pelecehan) yang berdampak depresi terhadap remaja. Lembaga tersebut mengatakan bahwa 1 dari sepuluh remaja pria berusia 16-18 mengalami hal tersebut. Bullying ini terjadi tidak hanya di satu jejaring sosial. Dari hasil survey para remaja yang dilibatkan dalam survey tersebut mengaku merasa tidak nyaman dengan posting atau komen mencemooh dan merendahkan mereka di Facebook, Twitter and Tumblr. Akibatnya mereka mengalami depresi.

Survey tersebut juga mengaitkan bullying tersebut dengan cara remaja berinteraksi dengan teman-teman di dunia maya. Para orangtua khawatir pada anak-anak remaja mereka jika tidak selektif dalam memilih kawan di jejaring sosial. Faktanya ada 39 remaja usia 16 sampai 25 tahun yang berteman dengan orang yang sama sekali tidak dikenal di jejaring sosial, karena indentitas mereka tidak bisa diferivikasi. Akibatnya diantara mereka, yang berusia 16 sampai 18 tahun, seringkali mendapat pertanyaan-pertayaan yang mengganggu dan membuat tidak nyaman.

Dari data yang dikumpulkan diketahui pula bahwa mereka yang menambah teman dengan orang-oran yang tidak dikenal, umumnya adalah mereka yang kesehariannya kesepian, alias tidak memiliki banyak kawan untuk berinteraksi. Solusinya, menurut Richard Parish, chief executive the Royal Society of Public Health, perlu adanya bimbingan untuk memilih aktifitas yang bisa mengalihkan mereka dari kesepian. Inilah yang dilakukan lembaga tersebut. Disamping itu ia bersama timnya memberikan pula pandangan bagaimana cara berinteraksi yang sehat saat bersosialisasi di jejaring sosial. (KF-INT/Mrg/Daily Mail)yosi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s